Mercedes-Benz Unimog

Produsen pabrikan Otomotif khususnya truk dengan target pemasaran kendaraan operasional militer haruslah siap tempur disegala medan jalan, yang akan digunakan khusus untuk logistik atau opersiaonal militer, bukanlah perkara yang mudah merancang ketahanan mesin maupun kaki-kaki kendaraan tersebut, kendaraan militer dituntut kuat mempuyai perporma yang besar dan menggunakan doble handel hingga dapat menghadapi segala medan jalan yang terjal ataupun berlumpur, salah satunya produk Unimog merupakan salah satu produk unggulan dari Mercedes-Benz Special Trucks (MBS). Ini merupakan divisi khusus yang memproduksi truk spesial dengan jumlah terbatas.

Dikarenakan mobil ini adalah kendaraan khusus yang di buat untuk keperluan tertentu, umumnya untuk militer serta kegiatan extreme lain, mesinpun memiliki kekuatan yang sangat prima dengan dibekali mesin turbo diesel BlueEfficiency baru bertenaga 156-354 dk yang memenuhi standar emisi Euro VI, truk ini termasuk pada golongan mobil mewah dengan harga yang cukup fantastis, truk mewah ini begitu populer karena ketangguhan platform dan kehandalan spesifikasi teknis lainnya. Berbagai medan berat telah menjadi bukti kekuatan super dari badak besi ini antara lain sebagai moda transportasi taktis dalam bermacam operasi militer serta sebagai kendaraan off road. Untuk yang terakhir ini, reputasinya tak perlu diragukan lagi, medan seganas rally Paris Dakkar pun dapat dilibasnya dengan mudah.

Meskipun harga truk ini cukup mahal, banyak negara yang menggunakan ketangguhan truk mewah buatan German ini, Hingga kini, truck mewah ini terus diproduksi di berbagai perkembangan dan teknologi canggih fasilitas yang sangat mendukung di dalam medan pertempuran, bukan saja di produksi di negara Jerman, Unimog juga dibuat di Aksara, Turki dan Gonzales catan di Argentina, pertama kalinya truk ini hadir di Indonesia didatangkan pada tahun 1958, ratusan unit yang didatangkan saat itu diperuntukan sebagai kendaraan operasional Bulog. Kemudian pada 1976, Departemen Pertahanan Keamanan dan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia kembali mengimpor multi function truck ini, type 1300L adalah yang paling banyak dihadirkan pada 1981 yaitu sebanyak 209 unit yang sebagian besar difungsikan sebagai kendaraan taktis pengangkut persenjataan berat atau Artileri.

Bagi orang sipil yang mengagumi ketangguhan truk ini bisa membeli dari bekas kendaraan operasional militer negara asing, memang soal harga jangan ditanya pasti mahal, tetapi buat hoby barang apa yang mahal, pasti dibeli, sebagian besar mobil ini digunakan untuk koleksi atau menyalurkan kegemarannya ber off road ria atau kegiatan pemacu adrenalin lainnya.

Comments are closed.