Merawat Mesin Motor Yamaha

Teknologi mesin motor produksi pada zaman sekarang memang termasuk motor yang simpel untuk melakukan perawatan, cukup dengan penggantian oli dan melakukan pembersihan pada saringan udara secara rutinitas umur motor akan panjang. Tetapi faktor yang sangat menentukan usia mesin motor terletak pada anda sendiri, terutama mesin motor ketika pertama di hidupkan di pagi hari, saat hendak menggunakan motor anda sebaiknya dipanaskan dahulu mesinnya, hal ini berguna untuk membuat mesin menjadi awet. Cara memanaskan mesin motor juga jangan langsung menggunakan starter listriknya, melainkan gunakan dahulu starter kaki dalam keadaan kontak mati, setelah itu starter motor dalam kontak hidup, panaskan mesin motor selama 5- 10 menit dahulu sebelum digunakan. Hal ini dilakukan agar posisi perputaran oli mesin sudah merata keseluruh komponen mesin.

Faktor rutinitas penggantian pelumas sangat menentukan akan usia mesin motor anda, bahkan dengan menggunakan sembarang merek oli pun bisa menyebabkan kerusakan komponen yang sangat patal. Banyak orang yang menyepelekan mengganti oli motor dengan teratur, padahal oli motor memiliki peran yang sangat penting bagi proses pembakaran dan pendinginan pada mesin motor. Sebaiknya ganti secara rutin oli motor anda bila telah mencapai batas kilometer menjadi kurang dari 2500 Km.

Pada motor yang memiliki tipe mesin 2 tak berbeda, oli mesin berfungsi hanya untuk melumasi komponen kopling dan tranmisi yang perlu diperhatikan adalah oli samping, jangan asal menggunakan oli saja, anda harus menggunakan oi samping yang berkualitas. Beda dengan tipe mesin 4 stoke selain oli yang harus di perhatikan adalah kualitas bensin mempengaruhi kualitas mesin motor anda, sebaiknya dalam mengisi bensin motor sebaiknya di tempat pengisian bensin yang dikelola oleh pemerintah. Selain memiliki kualitas baik, juga aman bagi kendaraan bermotor anda. Mungkin ini sekedar tips atau cara merawat motor yang paling mendasar dan sangat efektif terutama merawat mesin motor yang sangat berharga. Melakukan perawatan motor seperti diatas setidaknya dapat membuat harga jual motor anda nantinya tidak terlalu jauh turun harganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *