Merawat CVT Matic Yamaha

Perawatan pada motor matic bukan saja memperhatikan keadaan mesin penggerak, dengan melakukan sepice dan ganti oli secara rutinitas. Komponen tranmisi atau pemindah daya, sangat perlu di perhatikan dengan melakukan pemberian gemuk pada komponan yang merupakan penyalur tenaga dari mesin menuju roda belakang pada motor matic. secara sederhana CVT terdiri atas pulley primer,v-belt dan pulley sekunder, nah di dalam sistem kerja 3 komponen CVT tadi tidak boleh terkena oli,minyak atau air karena kalo terkena minyak, oli atau pun air bisa mnyebabkan selip. Lha kan itu komponen bergerak apa itu ndak perlu pelumas biar awet, kalo gak boleh kena oli atau minyak trus pelumasannya yang di pergunakan! Maka dari itu mas bro karena ini merupakan komponen bergerak maka pelumasan menjadi sangat penting dan pelumasannya tidak menggunakan oli tapi Grease/vet/stempet. Greasenya pake grease khusus ya soale kalo pake grease biasa bisa2 mencair terkena panas dari mesin.

Pada motor matic jenis merek apapun memerlukan perawatan khusus pada komponen pemindah daya ini, minimal dilakukan serpice dengan membersihkan kotoran yang ada didalam komponen CVT dari debu, bukan itu saja, dengan melakukan rutinitas memberi pelumas ini akan memperpanjan usia motor yang anda miliki, karena fungsinya sangat penting maka perlu dilakukan penggantian secara periodik yaitu setiap 10.000-15.000km. Penggantian grease CVT ini cukup mudah dan tidak begitu sulit, anda bisa melakukan pada bengkel-bengkel terdekat, komponen yang perlu di perhatikan jika anda melumasi komponen CVT adalah sil, sil ini berfungsi untuk mencegah keluarnya gemuk dari dalan komponen CVT saat di pakai. Dan apabila sil nya ada yang bocor, rusak sebaiknya dilakukan penggantian,karena kalo ndak di ganti bisa2 grease nya bocor dan apabila dibiarkan bocor maka grease, vet nya akan masuk ke dalam clucht carrier, kopling ganda dan rumah kopling ganda sehingga bisa bikin selip kopling ganda, dan kalau kopling ganda nya selip bisa di pastikan tarikan awal nya akan terasa anjlok-anjlokan.

Komponen CVT pada motor matic merupakan perangkat yang menentukan, baik akselerasi mesin ataupun top speed motor itu sendiri, selain komponen ini cukup rawan mengalami kerusakan apabila tidak dilakukan perawatan, komponen ini juga termasuk komponen yang cukup mahal pada motor matik, terutama bagian kopling ganda. Maka dengan hal demikian, bagi anda yang memiliki motor jenis matic, lakukan perawatan pada komponen CVT haruslah di perhatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *