Memilih Ban Trail untuk Off Road

Para pecinta motor trail baik dari komunitas adventure maupun yang gemar olahraga yang menantang adrenalin seperti motocross, hal penting yang sangat di perhatikan adalah jenis dan kualitas ban yang di pakai, memang kualitas barang sangat ditentukan harga, semakin harga tinggi cengkraman ban akan tanah semakin mencengkram. Saking pentingnya kualitas ban danĀ  fungsi ban memang sangatlah vital. Meskipun rider mempunyai skill dan kemampuan yang handal dan motor super mantap, namun kalau tidak ditunjang dengan ban yang pas, tentunya juga akan menjadi siksaan tersendiri bagi pengendara. Apalagi kalau medan yang dilalui itu licin akibat diguyur hujan.

Dengan meningkatnya para pecinta motor adventure di tanah air, para produsen ban nasional menawarkan beberapa pilihan dan kriteria ban trail yang sesuai dengan kebutuhan, memang di pasaran ada banyak beredar berbagai macam merek ban trail. Tipe yang ditawarkan oleh penjual juga beragam. Penggemar trail apalagi pemula, sering dibuat puyeng untuk menentukan pilihan ban mana yang cocok untuk dibeli. Yang bikin lebih puyeng lagi, memilih ban mana yang cocok dengan isi dompet, karena harga ban trail yang berkualitas itu rata-rata diatas Rp 500.000.

Peranan si karet bundar pada motor trail itu ibarat sepatu bagi pemain bola, atau pendaki gunung. Ban dengan kualitas baik akan merasa aman dan nyaman saat mengendarai motor meski menghadapi segala medan jalan, selain menghemat energi pengendara karena tidak sering selip atau terpeleset. Apalagi jika medan yang dilalui itu memang membutuhkan cengkeraman ban sangat di perlukan. Jadi ban di motor trail itu sangat vital peranannya.

Disaat menentukan pilihan ban yang akan di pakai untuk motor anda jangan tergoda akanĀ  tampang ban yang terlihat rentek dan sangar, padahal ketika dipakai di medan offroad ternyata tumpul dan slip. Akan lebih baik jika membeli ban yang sudah punya nama besar di dunia offroad misalnya Dunlpop, Kenda, Bridgestone, Maxis, Pirelli, Metzeler, dll. Memang harga ban merk-merk ternama itu harganya relatif lebih mahal, namun kita tidak akan rugi karena puas memakainya. Daripada beli harga yang lebih murah, namun nantinya akan kecewa dan akhirnya membeli lagi ban yang lebih bagus. Kalau sudah demikian, berarti kita akan keluar uang lebih besar lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *