Komponen Power Window

Power window adalah perlengkapan yang digerakan secara elektrik dengan alih fungsi mengubah cara kerja dinamo menjadi energi gerak, perlengkapan ini adalah merupakan sarana penunjang pada kendaraan tertentu yang termasuk mobil kelas premium, hal ini bermanfaat untuk mempermudah pengemudi serta penumpang saat buka tutup kaca samping tanpa mengganggu konsentrasi saat mengemudi.

Ada beberapa komponen yang membuat system jendela itu bisa bekerja dengan baik hingga kita tak perlu repot-repot mengengkol tuas yang ada pada segi pintu sisi dalam yang pertama dinamo sebagai perubah arus listrik menjadi gerak, dinamo ini berada didalam tiap-tiap pintu. Komponen ini berperan untuk naik turunnya kaca jendela tergantung arus yang di berikan oleh tombol naik dan turun. Langkah kerjanya yakni, dinamo bakal berputar apabila terima arus listrik (saat tombol power window ditekan). Lantas, arus listrik itu dirubah jadi tenaga mekanis lewat gerigi atau kabel spesial yang lalu menggerakkan kaca jendela, yang ke dua adalah regulator cara kerja dari komponen yaitu untuk memegang kaca jendela yagn terhubung dengan motor power window. Regulator pada system ini terdiri atas pegangan kaca yang terbuat dari besi yang dilengkapi gerigi atau kabel spesial juga sebagai penghantar tenaga untuk menggerakan kaca jendela.

Komponen ini termasuk komponen yang rawan rusak gerigi yang merubah gaya putar menjadi gerak naik turun kaca mobil, ketebalan Gerigi sangat berpengaruh pada gerak optimal yang terima putaran dinamo, jika gerigi sudah tipis atau aus ini akan menyebabkan macet tidak bisa menutup rapat bahkan lebih parah lagi kaca jendela tak dapat beroperasi dengan cara elektris, untuk menjaga kebocoran air masuk pada komponen elektrik yang bisa menyebabkan konsleting arus batery, menggunakan bahan karet serta beludru, apabila komponen ini rusak dan ada air masuk kedalam dan menimbulkan karat atau koslet, ini akan berpengaruh pada system elektris yang bekerja pada kaca jendela tidak dapat bekerja dengna maksimal.

Comments are closed.