Kelebihan dan Kekurangan Memakai Suspensi Tunggal Sebagai Aksesoris Motor Touring

Mengubah aksesoris motor touring pada bagian suspensi sepeda motor touring dari suspensi kembar menjadi suspensi tunggal kini telah populer dimana-mana. Selain lebih bergaya karena aksesoris motor touring suspensi tunggal biasanya digunakan oleh motor touring  menjadi berkendara lebih mantap.

Kelebihan dan Kekurangan Memakai Suspensi Tunggal Sebagai Aksesoris Motor Touring

Sebab dengan suspensi tunggal, oleh karena itu ketika motor touring bergerak tumpuan muatan hanya pada satu titik sehingga motor touring lebih stabil, Sebaliknya, jika motor touring memakai suspensi ganda oleh karena itu tumpuan muatan yang semestinya di bagi sama besar di kedua shock hanya disangga oleh satu shock ketika motor touring menikung dan meliuk-liuk. Akibatnya, motor touring tak stabil kala pengendara melakukan manuver.

Selain tak stabil motor touring juga kurang lincah diajak bergerak. Namun,  suspensi tunggal ternyata juga memiliki beberapa kekurangan. Plus minus ini harus diperhatikan, sehingga pengguna motor touring bisa secara bijaksana berkendara dengan baik dan aman,

Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan suspensi tunggal? Apa yang seharusnya dilakukan oleh pemilik motor touring? Bagaimana cara untuk modifikasi motor touring yang sebelumnya memakai suspensi kembar ke suspensi tunggal?

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki perangkat suspensi suspensi tunggal  di antaranya: Lebih Lembut, Pengalaman selama ini menunjukkan bahwa  jika para pengguna sepeda motor touring yang bersuspensi suspensi tunggal memakai perangkat itu secara benar, oleh karena itu efek yang ditoimbulkan perangkat itu jauh lebih nyaman ketimbang suspensi kembar.

Ayunan dan respon pegas lebih lembut kala pengendara melibas tanjakan atau jalan berlubang. Namun, satu hal yang perlu dicatat penggunaannya juga harus sesuai dengan saran atau rekomendasi pabrikan. Misalnya, muatan yang diangkut tak melebihi yang ditetapkan.  Setiap motor touring pasti ada aturan muatan maksimalnya, misalnya bobot motor touring hanya 95 kilogram oleh karena itu jangan mengangkut muatan lebih dari itu,

Lebih bergaya, Perangkat suspensi tunggal umumnya digunakan oleh motor touring. Sehingga, motor touring yang memakai perangkat itu juga akan memancarkan aura sporty.  Terlebih, kata Opan, dari sisi tampilan lebih ringkas, praktis dan minimalis. Tampilan seperti itulah yang mekmbuat orang gandrung ke perangkat itu,

Performa lebih stabil, Suspensi tunggal sangat menunjang kestabilan motor touring di ketika pengendara bergerak di tikungan, jalan yang berkelok tajam, berlubang atau bergelombang dalam kecepatan sedang atau bahkan tinggi.  Kestabilan itu tercipta karena muatan yang harus didistribusikan oleh motor touring kala beraksi di berbagai lintasan tersebut disangga oleh satu titik yang sejak wala memang dipersiapkan mampu menahan muatan berat.

Melalui suspensi tunggal muatan motor touring dipusatkan di tengah lengan ayun. Hal itu berbeda dengan suspensi kembar, karena sedari awal dirancang untuk membagi muatan ke kedua titik yaitu di masing-masing suspensi. Sehingga, di ketika menikung atau bergerak muatan yang disangga suspensi berbeda. Itulah yang menyebabkan ketidak stabilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *