Industri Otomotif Indonesia

Perkembangan dunia otomotif Indonesia belakangan ini mengalami kemajuan cukup pesat. Hal ini bisa dilihat bahwa minat masyarakat terhadap kendaraan roda empat. Selain itu banyak produsen otomotif yang berminat menanamkan modalnya di Indonesia. Bahkan mobil-mobil tersebut bukan hanya berseliweran di kota tapi juga di pedesaan. Persaingan antar produsen otomotif sangat ketat, berbagai upaya dilakukan seperti hampir tiap tahun mengeluarkan mobil baru. Adanya teknologi terbaru dari sebuah mobil menarik minat pembeli.

Pada sekarang ini muncul mobil murah sehingga memungkinkan konsumen makin tertarik untuk membeli. Perkembangan ini mendorong lahirnya bisnis lain dari hasil penjualan mobil yakni acsesoris dan suku cadang. Bisnis yang mungkin dari banyaknya mobil di Indonesia diantaranya Penjualan spare part mobil, Bisnis perawatan mobil, Bisnis modifikasi kendaraan bisnis cuci mobil dan lainnya. Peluang bisnis otomotif tersebut sudah barang tentu menuntut daya kreatifitas dan kejelian para pelakunya dalam mengamati perkembangan pasar sehingga mendatangkan untung yang maksimal.

Dalam tiga tahun terakhir pertumbuhan industri otomotif Indonesia mengalami kemajuan yang sangat pesat, hal ini membuktikan bahwa Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial bagi industri otomotif dan semakin mendorong Indonesia menjadi basis otomotif di asia Tenggara. Selain mobil kendaraan roda dua juga mengalami perkembangan yang sangat pesat, apalagi sekarang banyak kemudahan untuk kredit motor. Sekarang ini hampir tiap rumah tangga mempunyai sepeda motor dalam aktifitas sehari-harinya. Tentu saja ini dapat menimbulkan lahan untuk bisnis diantaranya cuci motor, aksesoris motor, bengkel motor, modifikasi motor, dsb.

Motor juga lebih simple terutama ketika di jalan raya yang sedang macet, akan tetapi perlu adanya kesadaran dari pengguna jalan raya untuk lebih hati-hati dalam berkendara dan juga menaati pelaturan lalu lintas karena sering terjadi kecelakaan. Dalam hal ini upaya preventif dari kepolisian sangat dibutuhkan untuk mengatur lalu lintas terutama ketika terjadi padatnya volume kendaraan. Selain itu, perlu adanya kesadaran lingkungan dari para produsen otomotif baik roda dua maupun roda empat akan pentingnya bahaya pencemaran lingkungan yang diakibatkan pulusi kendaraan bermotor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *