Helm Full Face

Kadang orang-orang tidak menggunakan helm saat mengendarai motor, terutama terjadi dikalangan kawula muda zaman sekarang suka menyepelekan kegunaan helm, banyak alasan yang terlontar,dengan persepsi masing-masing, memang aneh jika ada orang yang selalu menolak memakai helm standar dalam mengendai sepeda motor di jalan raya. Padahal helm itu tidak lain dan tidak bukan adalah untuk kebaikan si pengendara sepeda motor itu sendiri. Korban terus berjatuhan akibat cedera kepala yang terjadi saat kecelakaan, sehingga memaksa pemerintah untuk mewajibkan setiap pengendara sepeda motor untuk memakai helm yang baik untuk perjalanan jarak jauh maupun jarak pendek. Tidak hanya untuk tujuan perlindungan atau proteksi saja, namun juga untuk tujuan estetika si pemakai helm.

Ada anggapan anak muda jaman sekarang memakai helm kurang keren, dan ada anggapan pakai helm menggangu penampilan, mari kita membahas sedikit tetang apa yang terdapat beberapa kegunaan, manfaat, kebaikan atau fungsi dari helm bagi pengendara sepeda motor di jalan raya,  kadang kecelakaan terjadi dengan hal yang tidak di sangka dan terjadi tiba-tiba, disaat terjadi hal yang tidak dinginkan saat mengedarai motor, kita terpental dari sepeda motor yang sedang melaju kencang, Kemungkinan besar kepala kita akan membentur sesuatu saat mendarat entah itu aspal, batu, pagar pembatas, pohon, rumput dan lain sebagainya. Tidak bisa kita bayangkan jika kita jatuh dengan posisi kepala lebih dulu pada benda keras karena bisa menyebabkan kematian. Jika hal tersebut tidak ingin terjadi pada diri anda, maka bekali diri anda dengan helm yang dapat meminimalisir efek benturan yang terjadi.

Dengan adanya aturan lalu lintas di Indonesia, banyak perusahaan helm yang berlomba memproduksi alat pelindung ini, dengan berbagai pilihan corak dan harga yang di tawarkan. dengan adanya hal tersebut, anda jangan salah pilih yang mana helm yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Gunakan helm yang memiliki sertifikasi SNI asli agar lebih terjamin kualitas proteksinya. Pilih helm yang ukurannya sesuai dengan kepala kita, rasanya nyaman dipakai dan ada pelindung dagu agar tidak luka/besot saat terjatuh dari motor, terutama helm yang half face.

Sebaiknya bagi anda yang suka sedikit kecepatan dan menempuh jarak jauh, dalam mengendarai sepeda motor di haruskan mengenakan helm yang menutupi kepala tipe full face, helm jenis ini dirasa, adalah helm yang paling besar melindungi keamanan untuk digunakan pengendara motor. Helm ini mampu melindungi muka, kepala, leher, telinga, dan dagu dengan sempurna. Helm ini juga aman dipakai di saat hujan serta melindungi kita dari debu, kerikil atau serangga di jalan. Helm jenis ini mampu melindungi pemakainya dari cedera yang tidak diinginkan saat terjadi kecelakaan, Kekurangan dari pada helm ini adalah, karena tertutup rapat, si pemakai sulit untuk bisa mendengar suara sekelilingnya. Tidak praktis kalau kita ingin makan atau minum di tengah jalan. Bagi pengguna kacamata, helm jenis ini sangat tidak nyaman digunakan. Harga relatif lebih mahal dibanding jenis lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *