Cara Mengganti Filter Motor

Onderdil motor seperti Filter atau penyaring angin pada kendaraan bermotor merupakan bagian penting yang semestinya di rawat dengan benar. Onderdil motor ini sangat berpengaruh pada proses pembakaran pada mesin motor. Bila filter tidak menyaring  angin yang masuk kemesin dengan benar, dampaknya akan mengotori proses pembakaran dan beresiko menimbulkan kerusakkan pada dinding silinder dan piston. Akibatnya performa kendaraan motor akan menurun.

Cara Mengganti Filter Motor
Pada umumnya bagian filter  angin pada jarak tempuh 15. ribu hingga 20. ribu km sewajarnya dilakukan penggantian, Namun jika pemakaian kendaraan lebih banyak pada lokasi yang berdebu seperti proyek atau pabrik maka penggantian filter bisa lebih cepat dari jarak tempuh standar.
Pada dasarnya cara merawat filter motor atau penyaring  angin kendaraan bermotor sangat mudah. Fiter  angin memang memegang peranan penting dalam sebuah mesin, berfungsi buat menyaring kotoran yang terbawa oleh  angin sebelum masuk ke ruang bakar maka Filter  angin harus kita perhatikan dalam hal perawatan dan penggantiannya.

Pada sepeda motor model lawas, membersihkan penyaring  angin mudah dilakukan karena kebanyakan menggunakan tipe busa atau foam, namun pada sepeda motor modern sudah banyak menggunakan jenis paper. nah buat yang jenis paper ini dari pabrikannya tidak direkomendasikan buat disemprot atau dibersihkan, melainkan harus diganti jika kotor atau dalam jarak tertentu. jika anda tak mau ribet harus sering mengganti penyaring  angin, kami punya cara nih buat yang mau merubah paper elemen penyaring pakai busa atau foam agar tak ribet dan bisa dibersihkan dan itu akan menghemat biaya perawatan.

Cara Mudah dan Murah Mengganti Filter  angin Jenis Paper adalah penyaring  angin diperlukan penggantian setiap 16. ribu – 20. ribu km. atau pada periode ke 4 penggantian oli. baca buku petunjuk servis. Jika penyaring kotor akan mengakibatkan tenaga mesin hilang dan boros bensin. buat mengubah penyaring  angin tipe paper ke busa atau foam lakukan caranya adala.

Caranya cukup buka penyaring  angin, buang bagian papernya potong pakai pisau, siapkan penyaring jenis busa atau foam. bentuk menyesuaikan bekas penyaring paper tadi, oleskan oli agar busa atau foam basah ( Kalo beli busa penyaring baru biasanya sudah basah dengan oli )  dan masukan. beres deh tinggal pasang ke box penyaring. ini akan membuat isapan  angin lebih ringan dan akan membuat tarikan ringan serta mesin tetap bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *