Bore up Yamaha Jupiter

Bila anda mempunyai bahan dasar jenis Yamaha Jupiter Z atau Vega New dengan sedikit sentuhan modipikasi saja akan terasa perubahanya, dengan kecepatan tinggi pasti terasa kurang adrenalin bila hanya menggunakan motor dengan performa bawaan dari pabrik, lantaran memanglah spesifikasi mesin dari pabrik bukanlah untuk arena kebut-kebutan serta sejenisnya, tetapi cuma untuk keliling jualan sayur atau ngangkut emak pergi ke pasar.
Saya bakal membagikan sedikit resep untuk tingkatkan performa mesin motor anda Yamaha Jupiter Z/Vega New, dari mulai menaikkan kemampuan ruangan bakar, modifikasi Noken as, Porting in-ex, serta modifikasi piranti kopling.
Langkah untuk menaikkan kemampuan ruangan bakar, tanpa ada mesti ganti liner/boring kita dapat mem-bore up blok boring serta membenamkan piston Jupiter Z over size 200 (53mm), saya rasa bila hanya untuk harian tidaklah mesti memakai piston besar-besar. Dengan ganti piston standar dengan piston Jupiter Z over size 200 (53mm) jadi kita telah memperoleh volume 120 cc didalam ruangan bakar kita.
Bila anda mau tingkatkan desakan hawa didalam ruangan bakar (kompresi) anda dapat memapas blok boring sejumlah 1, 5mm lalu bikin jenong pistonnya 1, 5mm jg, janganlah lupa bikin coakan klep pada atap piston supaya tak berlangsung tabrak lari pada piston serta klep,,,, hahahaha.
Untuk yang satu ini memanglah bukan perkara gampang, jadi saya anjurkan anda untuk tahu dahulu tentang prinsip-prinsip serta langkah kerja noken as saat sebelum anda menyalakan mesin papas noken yang bakal anda pakai untuk memodifikasi noken as, lantaran sedikit kekeliruan saja dapat kurangi performa mesin motor anda.
Baiklah saya anggap anda telah tahu tentang seluk beluk noken as, saat ini anda dapat memapas pantat noken as std bawaan pabrik sejumlah 1mm (sesuai sama keperluan) untuk mengubah tinggi lift serta mengubah durasi.
Untuk spesifikasi mesin korek harian anda tak perlu memakai durasi tinggi untuk keawetan mesin. Durasi yang sesuai sama untuk mesin korek harian sekitar 240 derajat, serta masih tetap mengambil bentuk lift bawaan pabrik.
Lebih praktisnya anda dapat juga segera beli noken as jadi, dengan kata lain racing yang banyak di jual di market, hehehe,, namun mahal juga sih…!!!!!
Tingkatkan performa mesin lewat cara mengubah lubang intake serta lubang exhaust dengan cara memperbesar dan menghaluskan harus dikerjakan dengan sentuhan mekanik yang tahu harus kemana aliran yang tepat dan harus kemana aliran buang mengalir, jangan asal memperbesar sembarangan karena akan berakibat patal, hal ini dimaksudkan memperlancar suplai bahan bakar yang bakal masuk ke ruangan bakar serta buang bekas pembakaran ke knalpot supaya lebih optimal.
Anda dapat memakai bor tuner untuk memodifikasi sisi ini, lewat cara melebarkan diameter sitting lubang intake 1 mm, di bagian lorong lubang intake cukup dihaluskan. Untuk lubang exhaust anda dapat jadi besar diameter seattingnya 1 mm juga, di bagian paling ujung yg dekat dengan leher knalpot tak perlu diperbesar, cukup mengubah bentuk lubangnya hingga jadi lingkaran prima, ruang seputar boshing klep juga mesti dirapikan, lantaran di bagian ini ada banyak kendala hawa.
Saat ini waktunya bermain diseputar blok kopling dengan ganti per kopling standar Jupi/Vega anda dengan per kopling Yamaha RX king, alangkah lebih baiknya menggunakan varian racing yang memiliki 5 per kopling, langkah ini dikerjakan supaya piranti kopling lebih responsif serta menghindar terjadinya slip kopling.

Comments are closed.