Audio Mobil

Kenyamanan pemakaian sebuah kendaraan bukan saja dilihat dari tampilan cat atau desain dari luar saja, keyamanan berkendara bisa ditunjang dengan pemasangan seperangkat audio yang enak di dengar, pemasangan perangkat audio mobil system, sebenarnya tidak begitu sulit bahkan anda bisa melakukanya sendiri. Yang penting anda tahu sedikit tentang arus kelistrikan mobil. Power ampli harus terhubung ke head unit melalui jalur terminal RCA. karena itu sebelum HU dipasang anda harus melepaskan frame dashboard mobil terlebih dahulu. Setelah head unit terlepas pilih kabel warna biru untuk kontrol audio remote. Kegunaan remote kabel audio ini apabila hu dimatikan maka amplifier otomatis off. Periksa rca pre out audio dari HU hubungkan dengan ampli melalui terminal input. Biasanya power ampli ditaruh dikolong kursi mobil atau diletakan dibagasi mobil.

Pemasangan perangkat penunjang suara seperti amplifier atau power haruslah tepat tanpa mengganggu perangkat yang sudah ada, untuk kendaraan jenis sedan anda bisa memasang perangkat ini di bagasi belakang, untuk jenis van anda bisa memasang di bawah dasboar atau dibawah kursi kendaraan, dibawah dasbor cukup lebar untuk penempatan perangkat ini dan dapat dengan mudah dalam melakukan penyetelan suara yang anda inginkan. sebaiknya untuk meletakan ampli dibawah kursi. Hal ini untuk menghemat pemakaian kabel listrik dibandingkan jika ampli diletakan dibagasi. Untuk pemasangan juga lebih ringkas karena jarak kabel lebih pendek.

Jalankan kabel arus strum dari accu ke amplifier atau power haruslah rapi dan memakai sikring dengan maksud menghidari konsleting ke massa body, pemasangan kabel ground body chasis harus dilakukan pembersihan cat atau karat dengan menggunakan amplas terlebih dahulu chasis body mobil agar arus massa terhubung, Hubungkan remote audio kabel head unit dengan power amplifier.

Setelah anda merasa tepat menempatkan perangkat power dengan tepat, hubungkan kabel arus RCA pre out audio dari head unit ke amplifier, lalu tempatkan kabel rca tersebut di tempat yang aman dan rapi biar enak dilihat bahkan lebih parah lagi takutnya ketendang kaki, yang lebih prakti anda bisa selipkan kedalam karpet mobil, usahakan jika melakukan pemasangan sendiri posisi kabel rca tidak berdekatan dengan kabel positif, hal ini untuk menghindari storing karena kabel rca sangat rentan dengan induksi gelombang induksi. head unit biasanya terdapat jalur rca font dan rear.front untuk speaker depan dan rear untuk subwoofer. Jangan lupa untuk mengkoneksikan kabel remote head unit dengan amplifier, fungsi kabel remote jika anda mematikan head unit pada posisi off, maka otomatis amplifier juga akan off. Biasanya pada kabel standart head unit warna biru adalah kabel remote amplifier.

Comments are closed.