4 Fitur Yang Berguna Pada Kamera Untuk Mobil

Sekarang ini, bagi Anda yang mau menambah fitur keamanan untuk mobil disarankan untuk membeli kamera untuk mobil, atau yang sering disebut dengan dash cam. Di luar negeri, dash cam merupakan perangkat yang sudah banyak dipakai lantaran sangat berguna dalam menjadi barang bukti, terutama bagi para polisi. Di Indonesia, Anda bisa mendapatkan kamera semacam ini via PX Indonesia, yang menyediakan macam-macam perangkat elektronik untuk mobil.

Meski pada dasarnya dash cam alias kamera mobil memiliki tugas utama untuk merekam kejadian yang ada di depan mobil (atau samping maupun belakang, tergantung jenis kamera), ada banyak fitur ekstra yang perlu Anda pertimbangkan jika Anda ingin membelinya. Fitur seperti auto start dan stop serta loop recording sekarang ini sudah menjadi fitur lumrah dan wajib ada, namun jika Anda ingin mendapatkan kamera yang lebih fungsional lagi, beberapa fitur tambahan juga tersedia.

Fitur-fitur tambahan yang ada di banyak dash cam sekarang ini antara lain adalah:

  1. Night vision

Kebanyakan dash cam yang ada memang bagus untuk merekam di siang hari atau saat ada banyak cahaya. Tapi ketika gelap, fungsi kamera menurun drastis. Night vision support akan membantu memberikan rekaman cukup jelas dengan menggunakan infrared.

  1. Battery backup time

Meskipun dash cam menggunakan listrik dari mobil, tapi fitur ini sangat berguna kalau seandainya sambungan listrik tiba-tiba putus, dan kamera masih bisa melakukan proses mematikan dengan benar.

  1. GPS

Dengan adanya fitur GPS, maka Anda bisa mengkalkulasi kecepatan mobil, melacak lokasi, dan masih banyak lagi. Namun ini juga membuat harga kamera jadi lebih mahal.

  1. Motion detector

Dengan adanya detektor ini, kamera akan otomatis mulai merekam jika mobil tiba-tiba mengalami akselerasi cepat atau sesaat sebelum kecelakaan.

Fitur-fitur di atas sebenarnya bukan fitur sangat penting bagi kamera untuk mobil. Namun memang tak bisa dipungkiri, fitur-fitur tersebut sangatlah berguna agar kejadian-kejadian yang terjadi bisa direkam dengan lebih jelas dan informasi juga lebih lengkap. Pertimbangkan ini ketika Anda memiliki budget yang lebih, namun jika tidak, maka pilih dash cam yang basic saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *