Kerusakan Pulley kruk As dan Kapan Harus Menggantinya

0
190
Kerusakan Pulley kruk As dan Kapan Harus Menggantinya
Kerusakan Pulley kruk As dan Kapan Harus Menggantinya

Mesin mobil terdiri dari tali kipas atau sabuk serpentine yang menjalankan berbagai aksesori yang terhubung dengannya, seperti pompa power steering, kompresor AC, pompa air dan alternator. Namun, penting agar sabuk tidak mengganggu komponen di sekitarnya.

Untuk memandu sabuk drive, pulley kruk as digunakan untuk mengarahkannya dengan benar di sekitar aksesori ini. Ini membuat sabuk apa pun selaras dan berputar dengan benar yang pada akhirnya memengaruhi seluruh fungsi kendaraan.

Sebagian besar kendaraan hanya membutuhkan satu pulley kruk as untuk mesinnya. Pada beberapa kendaraan khusus, mungkin ada lebih dari satu pulley kruk as. Akhirnya, waktunya akan tiba ketika pulley kruk as menjadi tidak maksimal berfungsi dengan baik.

Ketika ini terjadi karena akan ada berbagai gejala yang akan muncul dengan sendirinya. Salah satu gejala yang mudah terlihat adalah deretan atau suara aneh lainnya yang berasal dari area mesin. Ini kemungkinan akan menjadi tahap awal masalah pulley kruk as atau masalah dengan tali kipas.

3 Alasan Kebisingan kruk as
Ketika Anda mendengar suara yang berasal dari pulley kruk as, biasanya dapat dikaitkan dengan salah satu dari tiga penyebab. kruk as mungkin aus, terpeleset, atau rusak sama sekali. Di bawah ini adalah deskripsi dari masing-masing penyebab yang tida kita harapkan.

Penting bagi Anda untuk memperhatikan kebisingan karena mereka dapat berubah dari buruk menjadi lebih buruk. Suara lebih ringan yang terdengar dari penyebab pertama seharusnya menjadi alasan yang cukup untuk memeriksa kendaraan.

Kalau tidak, suara-suara akan menjadi lebih parah dan kemudian menyebabkan masalah yang lebih serius yang akan menghabiskan lebih banyak uang untuk diperbaiki.

1 – Pulley kruk as Tua dan Usang
Pulley kruk as terus berputar bersama dengan sabuk penggerak. Ini menciptakan keausan pada pulley setelah bertahun-tahun melakukan ini berulang kali.

pulley akan membentuk keausan dan tanda lain di permukaannya ketika hal ini terjadi. Ini adalah ketika suara-suara akan mulai, meskipun akan menjadi suara yang bunyi kecil pada saat itu.

2 – Pulley Slippage
Selip pulley pemalas kemungkinan akan mengikuti setelah menjadi cukup usang. Ini akan menyebabkan katrol mengikat dan kemudian menggesek sabuk mesin. Akibatnya, akan ada suara mejerit yang berasal dari area mesin yang hanya akan bertambah buruk sampai pulley diganti.

Tidak hanya itu, itu juga dapat menyebabkan sabuk dan komponen lain di dalam mesin menjadi aus dan rusak juga.

3 – Kerusakan Pulley
Dalam situasi ekstrem di mana dua penyebab pertama dari kebisingan Pulley kruk as diabaikan,  Pulley  yang rusak dan akhirnya pecah. Pulley akan membentuk retakan dan mulai pecah sedikit demi sedikit. Ini akan menciptakan reaksi berantai di mana sabuk ular mulai robek atau benar-benar putus.

Jika ini terjadi, maka akan menimbulkan masalah yang berasal dari mesin, seperti macet dan terlalu panas. Selain itu, akan memiliki suara memekik yang lebih keras yang akan menjengkelkan kedengaran semua orang di mobil dan daerah sekitarnya.

Secara keseluruhan, pekerjaan penggantian ini tidak terlalu mahal untuk dilakukan. Karena sabuk penggerak mesin tergantung pada Pulley kruk as, jangan sapai menunda mengganti bagian ini setelah usang.