Cara Mengganti Bantalan Roda

0
202
Cara Mengganti Bantalan Roda Mobil

Bantalan roda, bagian dari roda kendaraan, melakukan pekerjaan memutar roda secara bebas dan dengan gesekan minimal. Pusat roda memiliki hub yang menaungi poros poros logam. Poros ini mengakomodasi bantalan, yang sebenarnya merupakan cincin logam yang menahan bola baja. Bantalan ini hampir tidak aus, tetapi Anda mungkin perlu mengubahnya setidaknya sekali selama masa pakai mobil. Kami di sini untuk membahas cara mengganti bantalan roda sehingga Anda dapat melakukannya di garasi dan menghemat uang.

Gejala Bantalan Roda Buruk
Untuk mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti bantalan roda, Anda perlu mengetahui tanda-tanda bantalan yang buruk. Tidak seperti komponen motor lainnya, mereka tidak memiliki jadwal perubahan jarak tempuh atau terikat waktu tempuh. Anda harus menggantinya hanya saat memburuk hingga tidak berfungsi dengan benar. Bantalan roda mungkin mulai aus setelah 75.000 mil. Mereka mungkin bertahan hingga 150.000 mil di beberapa mobil, tetapi itu jarang terjadi.

Bantalan yang buruk cenderung menghasilkan suara gerinda atau desing. Itu juga bisa berupa suara dengungan yang memuncak dengan akselerasi. Bantalan yang longgar akan menimbulkan bunyi mencicit atau menggeram. Mereka juga memengaruhi sistem pengereman anti-penguncian (ABS) karena sensor ABS terhubung ke cincin nada bantalan. Ketika bantalan tidak berfungsi dengan benar, lampu peringatan ABS mungkin menyala karena sensor tidak dapat membaca gerakan mereka.

penggantian bantalan roda
Bantalan yang buruk dapat mempengaruhi beberapa komponen lainnya.
Anda tidak boleh menunda perbaikan bantalan roda karena memengaruhi beberapa komponen saat aus.

Cara Mengganti Bantalan Roda: Penjelasan Detail
Melakukan penggantian bantalan roda di garasi Anda berarti menghemat biaya servis mekanik. Satu-satunya peringatan adalah bahwa tangan Anda akan berminyak.

Hal yang Anda Butuhkan
Bantalan roda baru (dengan merek dan model yang sama)
Jack mobil
Guncangan roda
Palu karet, pahat, dan palu
Kunci pas dan obeng
Sarung tangan
Kain
Proses Bagaimana Mengganti Bantalan Roda
Parkirkan mobil di permukaan yang rata agar tidak berguling ke satu sisi. Libatkan rem parkir, pakai sarung tangan, dan simpan alat di tangan.

Angkat kemudi
Tinggikan roda yang bantalannya akan Anda ubah. Sebelum melakukannya, kencangkan roda lain dengan meletakkan roda pada mereka. Goncangan akan berseberangan dengan roda depan saat Anda mengerjakan roda belakang, dan sebaliknya.

Angkat roda dari tanah dengan menggunakan dongkrak, mirip dengan apa yang Anda lakukan saat mengganti ban. Jangan letakkan jack pada bagian plastik karena dapat rusak. Kemudian, lepaskan roda dengan melepas mur roda.

Lepaskan caliper
Melepaskan roda akan memunculkan caliper rem. Lepaskan baut penahan kaliper dengan ratchet dan soket. Tarik dengan obeng tetapi kaitkan ke bagian bawah mobil. Biarkan itu menggantung akan merusak selang rem.

MELIHAT LEBIH BANYAK

Rincian Roda Paduan Pembersih
Apakah Aman Mengemudi dengan Bantalan Roda Buruk?
Lepaskan rotor
Anda dapat melihat rotor setelah melepas caliper. Untuk mendapatkan akses ke baut dan sekrup yang memegang rotor, Anda harus melepas penutup debu plastik. Kemudian, lepaskan pin pasak, mur kastil, dan mesin cuci, yang akan memberikan akses ke bantalan luar roda. Lepaskan juga dan lepaskan rotor dengan mengangkatnya dari slotnya. Ketuk rotor dengan lembut dengan belan karet jika terasa macet.

Lepaskan hub
Bantalan terletak di hub, jadi Anda harus membawanya. Gunakan kunci pas soket yang tipis untuk melonggarkan baut dan memindahkan hub menjauhi poros. Jika Anda memiliki unit hub baru, Anda bisa membuang yang lama dan melampirkan yang baru. Tetapi jika Anda hanya memiliki bantalan, hub harus dibongkar untuk mengganti bantalan.

Untuk melakukannya, Anda harus memisahkan bagian ujung dan melepas baut di tengah. Kemudian, menjauhlah dari ras yang duduk di dalam rakitan bantalan. Lebih baik gunakan palu dan pahat karena Anda akan perlu menerapkan kekuatan untuk menghapus bagian-bagian ini. Setelah pelepasan, bersihkan pelumas dari unit hub.

mengganti bantalan roda
Penggantian DIY pengganti akan menghemat banyak uang.
Pasang bantalan
Akhirnya, ini adalah langkah untuk memasang bantalan baru. Olesi mereka dengan baik sebelum memasukkan ke dalam slot dan kemudian buat balapan baru di tempat yang telah ditentukan. Bantalan harus berada pada posisi yang benar agar rotasi roda tetap halus.

Pasang kembali rodanya
Inilah cara mengganti bantalan roda. Setelah selesai, kembalikan rodanya ke tempatnya. Ulangi semua langkah dalam urutan terbalik. Setelah perakitan selesai, turunkan roda dan lepaskan dongkrak. Jika Anda ingin mengganti bantalan di roda lain, cukup ikuti langkah-langkah dari awal.

Berapa lama untuk mengganti bantalan roda? Itu tergantung pada seberapa terampil Anda. Namun demikian, itu pasti akan memakan waktu beberapa jam mengingat berapa banyak komponen yang Anda butuhkan untuk menghapus dan merakit kembali.