3 Cara Merawat Kopling Pada Motor

kopling motor

Motor salah satu kendaraan yang sudah banyak dimiliki oleh semua orang untuk melakukan beraktivitas ataupun pergi ke mana saja dengan lebih cepat. Berbagai jenis motor sekarang sudah banyak yang bisa kita pilih namun khusus yang suka mobil besar maka tentu anda akan banyak disajikan motor yang menggunakan kopling.

Bagi sebagian orang yang suka motor maka motor kopling yang dianggap paling aman karena bisa mengatur kecepatan motor dengan adanya kopling. Namun kopling ini tentu harus dilakukan perawatan secara rutin agar tetap berfungsi sebagaimana seharusnya. Kopling motor harus menjadi perhatian yang khusus sebagaimana mesin ataupun yang lainnya sebab kopling ini sangat penting supaya motor bisa berjalan dengan baik tanpa kendala.

Penggunaan kopling memang harus dengan perasaan namun bila tidak dirawat dengan baik maka ini akan menjadi kendala ketika sedang berada di jalan raya. Untuk itu dilakukan perawatan secara berkala seperti melakukan beberapa hal berikut ini pada kopling motor anda diantaranya :

Image result for Kopling Pada Motor

1. Cek kanvas kopling secara berkala

Kanvas kopling memang menjadi hal yang menentukan terkait kinerja motor yang memiliki kopling. Untuk kanvas harus di cek secara berkala agar kopling tetap dalam keadaan nyaman digunakan dan membuat berkendara anda menjadi lebih tenang. Bahkan selain kanvas perhatikan juga per kopling agar kanvas yang sudah di cek itu bisa bekerja dengan baik. yang menjadi catatan yang lain bila kanvas rusak maka lebih baik ganti saja langsung dengan yang baru.

2. Bersihkan kabel tali pada kopling

Sudah biasa bila kopling terasa kasar bila sedang digunakan hal ini memang perlu diperhatikan khususnya kebersihan tali kopling ini. untuk itu harus di atasi dengan membersihkan tali kopling secara rutin dan berkala jangan sampai menunggu kondisi motor terlebih dahulu. Selain itu berikan pelumas yang bisa membersihkan karat pada motor agar tidak mengalami sumbatan pada kabel yang disebabkan karena kotoran.

3. Tambahkan tul pada kopling motor anda

Tul memiliki fungsi untuk meringankan kopling ketika sedang dilakukan tarikan sehingga membuat menjadi ringan dan enteng. Tul ini biasanya diletakkan pada bagian kanan bawah pada daerah gearboks dan tentunya pilihlah tul yang bagus agar bisa memberikan hasil yang maksimal.

Dengan melakukan beberapa hal di atas maka tentu motor kopling ini akan berpengaruh pada koplingnya. Sebab kopling motor ini menjadi peranan yang cukup penting agar motor bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diinginkan. selain kopling bagi motor apapun baik itu yang kupling ataupun bukan lakukan penggantian oli secara rutin dan melakukan servis secara berkala di bengkel resmi motor tersebut agar bisa maksimal hasilnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *